web 2.0

Kiat Sukses Belajar Bahasa Arab

essay writers review

erikut ini sebagian kiat yang bisa dilakukan untuk mempercepat penguasaan kaidah bahasa Arab. Kami menuliskannya berdasarkan pengalaman kami sendiri mengajar bahasa Arab dan membaca kitab sejak beberapa tahun lamanya –walhamdulillah-:

  1. Hendaknya kita mengikhlaskan niat dalam belajar untuk menunaikan kewajiban kita kepada Allah dan membekali diri dengan ilmu agar bisa beramal saleh. Karena amal tidak akan diterima tanpa niat dan cara yang benar. Sementara niat dan cara yang benar tidak akan diperoleh kecuali dengan ilmu. Oleh sebab itu imam Bukhari rahimahullah membuat sebuah bab dalam Kitabul Ilmi di kitab sahih Bukhari yang berjudul ‘Ilmu sebelum ucapan dan perbuatan’. Dalilnya adalah firman Allah ta’ala yang artinya, “Ketahuilah bahwa tidak ada sesembahan (yang benar) selain Allah dan mintalah ampunan untuk dosamu…” (QS. Muhammad: 19). Selain itu hendaknya kita berdoa kepada Allah untuk diberikan ilmu yang bermanfaat.
  2. Sebelum lebih jauh mempelajari kaidah bahasa Arab maka sudah semestinya kita mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan hukum-hukum tajwid agar tidak salah dalam membaca atau mengucapkan. Padahal, salah baca atau salah ucap akan menimbulkan perbedaan makna bahkan memutarbalikkan fakta. Suatu kata yang seharusnya berkedudukan sebagai pelaku berubah menjadi objek dan seterusnya. Tentu saja hal ini -membaca dengan benar serta mengikuti kaidah- tidak bisa disepelekan.
  3. Menambah kosakata merupakan salah satu sebab utama untuk melancarkan proses belajar kaidah dan membaca kitab. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membeli Kamus Bahasa Arab-Indonesia seperti Al-Munawwir, atau dengan membeli kamus kecil Al-Mufradat yang berisi kosakata yang sering digunakan dalam kitab-kitab para ulama. Selain itu bisa juga dengan membeli satu jenis buku dengan 2 versi; asli bahasa Arab dan terjemahan. Dengan memiliki kitab berbahasa Arab akan memacu pemiliknya untuk bisa membacanya. Sedangkan dengan terjemahannya akan membantu dalam proses belajar membaca kitab ketika menemukan kata-kata atau ungkapan yang susah dimengerti.
  4. Hendaknya mencari guru yang benar-benar memahami materi kaidah bahasa Arab dan bisa mengajarkannya. Untuk poin ini mungkin sangat bervariasi -tidak bisa diberi batasan yang kaku-, karena tingkat pemahaman orang terhadap kaidah bahasa arab juga bertingkat-tingkat. Hanya saja yang dimaksud di sini adalah perlunya memilih guru yang mengajarkan materi dengan dasar ilmu bukan dengan kebodohan.
  5. Dibutuhkan kesabaran untuk terus mengikuti pelajaran dan mengulang-ulang pelajaran (muraja’ah) agar pemahaman yang dimiliki semakin kuat tertanam. Apabila menemukan hal-halyang belum dipahami hendaknya segera menanyakan kepada pengajar atau orang yang lebih tahu dalam hal itu. Az-Zuhri rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya ilmu itu dicari seiring dengan perjalanan siang dan malam, barangsiapa yang ingin mendapatkan segudang ilmu secara tiba-tiba niscaya ilmu yang diperolehnya akan cepat hilang.”
  6. Hendaknya bersungguh-sungguh dalam belajar. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan Kami niscaya Kami pun akan memudahkan baginya jalan-jalan menuju keridhaan Kami.” (QS. Al-Ankabut: 69). Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa di dalam ayat ini Allah ta’ala mengaitkan antara hidayah dengan kesungguh-sungguhan/jihad. Maka orang yang paling besar hidayahnya adalah orang yang paling besar kesungguhan/jihadnya. Pepatah arab mengatakan, “Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, niscaya dia akan mendapatkan.”
  7. Untuk bisa mendukung pembelajaran bahasa Arab bagi pemula maka mengikuti kajian-kajian kitab berbahasa Arab merupakan salah satu sarana yang paling efektif untuk membiasakan diri dengan kata atau istilah bahasa Arab yang termaktub di kitab-kitab para ulama. Kitab-kitab yang sudah semestinya dikaji oleh pemula adalah kitab-kitab yang membahas perkara-perkara agama yang harus dipahaminya seperti kitab yang membahas dasar-dasar tauhid semacam Al-Qawa’id Al-Arba’, Tsalatsatu Ushul, dan Kitab Tauhid yang ketiga-tiganya merupakan karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Apabila tidak bisa mengikuti secara langsung maka bisa diupayakan dengan mendengarkan CD kajiannya atau bahkan kalau ada yang berupa format VCD.
  8. Membaca buku pelajaran kaidah bahasa Arab. Buku-buku pelajaran kaidah bahasa Arab dengan pengantar bahasa Indonesia yang bisa didapatkan misalnya; Ilmu Nahwu Praktis sistem belajar 40 jam karya A. Zakaria (untuk pemula) dan Ringkasan Kaidah-Kaidah Bahasa Arab karya Ustadz Aunur rafiq Ghufron, Lc. (untuk menengah). Atau bagi yang ingin mendengarkan audio pelajaran bahasa Arab bisa mendownload di situs ini.

Penulis: Abu Mushlih Ari Wahyudi
Sumber: abu0mushlih.wordpress.or.id

Print This Post Print This Post 27,029 views

Iklan Baris

Web Buletin Tauhid
Website ini adalah kumpulan berbagai artikel Buletin At Tauhid. Buletin ini diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari (YPIA) yang berpusat di Yogyakarta. Buletin ini terbit setiap Jum'at dan disebar di masjid-masjid sekitar kampus UGM.

25 Komentar Untuk “Kiat Sukses Belajar Bahasa Arab”

  1. Asslmk ww, software kamus bhs Arab Al Mufid 1.0 tdk bisa di download dgn hp – format file tidak didukung. Bagaimana solusinya? Jazakumulloh khoiron

    badar online
    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Solusinya download menggunakan komputer saja akhi, bisa melalui warnet atau bisa juga ambil dari teman di dekat antum yang bisa mendownloadnya.
    wa jazakumullahu khairan

  2. salam… syukran…

  3. SALAM,,,,,
    Sya lgi mmpljri bhasa arab….udh 2 bln tapi msh g bs,,,,,lumayan sussah jg y….

  4. Asslmkm, wr, bw
    Saya ingin kursus/les bahasa Arab di mana ya saya harus datangi..? Lokasi terdekat dengan Serpong Tangerang.

    Terima kasih Wassalam

  5. insyaAlloh bermanfaat

  6. alhamdulillah ada yang seperti ini, bravo bahasa arab! nuwun sewu, salam kenal sebelumnya!

  7. Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakaatuh ana belajar bhs korea satu bulan bisa, tp belajar bhs arab ndak bisa2 knapa ya?

  8. #muh_haris m

    Berarti ada kesalahan akhi, bisa kesalahan dari metode pengajarannya, bisa juga karena memang dari antum sendiri kurang benar-benar fokus dan berjuang. Bahasa arab sendiri asalnya mudah, akan tetapi disana tentunya butuh ketekunan dan kesungguhan dalam belajar.

    Semoga Allah memudahkan kaum muslimin untuk mau belajar dan mengerti bahasa yang sangat mulia ini, amin…

  9. Syukran jazzelan buat Badar Online atas penyediaan jasa yang amat berharga bagi semua muslim yang ingin mendalami agamanya dengan benar, yaitu software2 bahasa arab.

    Tapi, ana mau tanya knapa software kamus bhs Arab Al Mufid v1.0 setelah di download via PC, gak bisa dibuka. Alias ekstensinya gak jelas (yaitu berupa “file” yang telah corrupt).

    Mohon penjelasan, ini letak permasalahan pada apanya ya.

    Syukron qoblahu atas jawabannya.

  10. #abudzakky
    Kalau seperti itu kemungkinan besarnya ketika mendownload belum sempurna akh, bisa jadi karena koneksinya sedang tidak baik. Silakan diulang kembali prosesnya. wa iyyakum, ‘afwan…

  11. saya ingin belajar bhs.arab .tapi gak tau di mana .di sekolah gak mungkin karena uda gak di sekolah.di pondok juga gak mungkin karena gak mondok,di mana ya pak ya…..?saya ingin belajar bhs.arab,bhs.inggris dan komputer,biar bermanfaat untuk hari depan….tolong bantu pak ya…untuk mewujudkan impianku tersebut….

  12. #muh. zainul arifin
    Antum tinggal di daerah mana akhi?
    Ada ikhwah yang bisa membantu??
    Kalau saran dari kami, banyak sarana yang bisa mendukung antum mempelajari semuanya, bisa dari web internet (banyak web yang menyediakan pembelajaran gratis untuk bidang-bidang tersebut, bisa di search melalui google), atau dari kursus-kursus yang ada di daerah antum sendiri, yang penting adalah kesungguhan untuk bisa mempelajarinya.

  13. Bagi anda yg ingin belajar bahasa arab bisa miliki cd yg ada di bestmadda.com/index.php?productID=7 langsung pesan aja bagus kok.

  14. assalamu’alaikum?
    kr2 kl mw kul.bhsa arab sulit gak?
    sukron….

  15. wa’alaikumussalam
    Sulit tidaknya tergantung kesungguhan yang belajar akhi, insyaAllah kalau ditekuni tidak sulit, buktinya banyak juga yang menguasai bahasa arab dalam waktu singkat, tentunya juga dilalui dengan metode yang benar. waiyyak

  16. Assalamu’alaikum,
    Ada info kursus bahasa Arab di daerah Parung/Gunung Sindur/Muncul/Serpong gak?

    Trims yak

  17. klo jenis buku dengan 2 versi (arab indonesia) tuk menunjang pembelajaran yg ada di mana n buku apa aja?

  18. punten.. minta download belajar bahasa arab versi 1, 2, 3 aja atau Aplikasi “Praktis!! Belajar Bahasa Arab Dari NOL” Seri 1,2,3

    dibikin versi downloadnya aja mas biar lebih praktis lagi buat bantu2 sesama muslim kan baik..

    gi mana??

  19. @put
    untuk saat ini baru pelajaran di web badaronline ini yang bisa di download, bisa di download satu-satu dari tiap pelajarannya.
    BarakAllahu fikum

  20. Alhamdulillah ana sedang belajar b.arab dg mahasiswa lipia tingkat syariah tp menurut ana, guru ana tersebut kurang bisa mengajar(tdk ada metode), mungkin orang yg bisa b.arab belum tentu bisa mngajarkannya ya…
    ana ingin mencari guru pengganti tp takut pengajar yg baru nanti tdk lebih baik dr yang sekarang.
    Ana mohon saran dari mas admin sebaiknya bagaimana..?apa
    karna guru ana belum pernah mengajar b.arab sebelumnya

  21. syukron katsiron atas ilmu nya ustad semoga menjdi ilmu ang bermanfaat..

  22. Kok ngak ada yang jawab di mana tempat kursus daerah serpong pamulang parung dansekitarnya ???

  23. dulu waktu sekolah MI, bahasa arab itu pelajaran paling susah hehe…

  24. @ ikhsan
    afwan, kami kurang tahu. silahkan bagi ikhwan yang tahu share di sini.