web 2.0

Penulisan Lafaz Basmalah (Bismillahirrahmanirrahim)

Lafaz basmalah atau bismillah adalah diantara kata yang terdapat dalam al-Qur’an, semua surat dalam al-Qur’an (kecuali surat at-Taubah) dimulai dengan lafazh basmalah, banyak sekali keutamaan dari basmalah, sehingga sangat penting bagi kita mengetahui lafazh dari basmalah serta pengucapannya, jangan sampai kita salah dalam mengucapkan lafaz yang mulia tersebut.

Lafazh basmalah dalam tulisan arab gundul di tulis,

بسم الله

Tulisan basmalah secara lengkap,

بسم الله الرحمان الرحيم

Dalam tulisan berharakat,

بِسْمِ اللهِ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ

Pembacaan latinnya adalah bismillah, bismillahirrahmanirrahim, kalau ingin diperinci panjang pendeknya penulisannya adalah bismillaah, bismillaahirrahmaanirrahiim.

Arti kalimat tersebut adalah, “Dengan menyebut nama Allah”, “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.”

Kalimat ini diantaranya bisa ditemui dalam al-Qur’an surat huud ayat ke 41, dan bacaan basmalah secara lengkap dalam surat an-Naml ayat ke 30.

Semoga bermanfaat…

Print This Post Print This Post 102,215 views

Iklan Baris

Web Buletin Tauhid
Website ini adalah kumpulan berbagai artikel Buletin At Tauhid. Buletin ini diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari (YPIA) yang berpusat di Yogyakarta. Buletin ini terbit setiap Jum'at dan disebar di masjid-masjid sekitar kampus UGM.

15 Komentar Untuk “Penulisan Lafaz Basmalah (Bismillahirrahmanirrahim)”

  1. Tolong tuliskan Bismillahirahmanirahim dalan tulisan arab gundul

  2. Tolong tuliskan bismillah dalam bahasa arab

  3. afwan,bisa kirim ke email ana, alamat lengkap beliau di jogjakarta?syukron

  4. Assalamu’alaikum….

    Salam kenal, ana mo tanya: penulisan kata “ar-Rahman” secara khot utsmani yg tertera dalam mushaf utsmani madinah tidak terdapat huruf alif setelah huruf mim (الرحمن) . Secara kaidah khot dan imla’, penulisan dalam artikel inilah yg benar. Apakah artikel ini utk “meluruskan” penulisan pada mushaf utsmani tsb? Tapi menurut ana, nampaknya bukan itu maksud dari artikel ini. Tapi kenapa tidak menukil dari al-quran saja? Atas jawaban redaksi ana ucapkan jazakumullahu khoiron. Pertanyaan ana ini adalah utk pembelajaran ana pribadi.

  5. wa’alaikumussalam

    Ahlan ya akhi, selamat datang :)

    Keduanya benar akhi, dalam khot utsmani tersebut diatas huruf “mim” dalam kata ar-Rahman ada harakat berdiri tegak yang menandakan itu dibaca dua harakat,
    Jadi dalam al-Qur’an tersebut di tulis الرحمن, mim di baca dua harakat karena ada tanda harakat tegak berdiri tersebut, hanya saja kami kesulitan menemukan tulisan tersebut dalam software penulisan arab yang kami pakai, sehingga kami lebih merasa nyaman menuliskan dengan seperti di atas.

  6. Assalamu’alaikum….

    Saya pernah membaca suatu buku bahwa jumlah huruf dalam kalimat bismillaahirrahmaanirrahiim adalah 19. Saya coba menghitungnya tetapi kurang dari 19. Mohon penjelasannya.

    Terima kasih banyak.

    Wassalamu’alaikum wr. wb

  7. wa’alaikumussalam
    Untuk kata bismillah, yang sering tertulis dalam al-Qur’an, ditulis:
    بسم الله الرحمن الرحيم
    kalau di tulis hurufnya secara terpisah:
    ب س م ال ل ه ال رح م ن ال ر ح ي م
    maka totalnya adalah 19 huruf.
    Akan tetapi perhitungan seperti ini tidak mutlak benar karena kalau benar-benar mau menghitung huruf, maka kata bismillahirrahmanirrahim lebih dari 19 huruf, hal ini kalau kita merinci, kata arrahman الرحمن aslinya adalah الرحمان ada alif di antara huruf mim dan nun, sehingga totalnya lebih dari 19.

  8. assalamualaikum
    mau nanya nih,
    kenapa dalam lafaz بسم الله huruf alifnya di buang? seharusnya باسم…! seperti yg ada dalam surah al alaq اقرأ باسم ربك الذى خلق…kenapa disini di pake dan di bismilah di buang?
    terima kasih…
    semoga masih nyambung walau artikel ini sudah lama

  9. @nilecity
    wa’alaikumussalam, ya akhi, kalau secara kaidah bahasa arab semuanya bisa, pakai alif atau tidak, adapun dalam praktekny kita hanya ikut saja. Kalau bismillah tidak pakai alif kalau iqro bismi pakai alif dst.

  10. kaidah bismillah dengan bi-ismirobbika itu namnya kaidah apa ya?secara ilmu nahwu shorof atau tajwid dinamakan apa?

  11. Basmalah (bahasa Arab: بسملة) adalah bahasa Arab yang digunakan untuk menyebutkan kalimat Islam bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi. Kalimat ini tertera dalam setiap awalan Surat di dalam Al-Qur’an, kecuali Surat At-Taubah. Juga diucapkan setiap kali seorang Muslim melakukan salat, juga memulai kegiatan harian lainnya, dan biasanya digunakan sebagai pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara Islam. Kalimat Basmallah juga pernah ditulis pada zaman Nabi Sulaiman untuk ratu Bilqis sesuai dengan informasi dalam Al Qur’an yaitu di surat 27 ayat 30.
    بسم الله الرحمن الرحيم
    bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi
    “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”
    Bismillah (بسم الله) berasal dari bahasa arab yang berarti “Dengan menyebut nama Allah )”. Bacaan ini disebut Tasmiyah dan bagi orang Islam sangat dianjurkan membacanya untuk memulai setiap kegiatannya. Sehingga apa yang dikerjakan diniatkan atas nama Allah dan semoga mendapatkan restu atas pekerjaan tersebut.
    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

  12. bagaimana cara penulisan arab bismillah yang benar? apabila huruf ba nya ditinggikan pada awal penulisan apakah itu salah? kalau memang salah kenapa di dalam al-qur’an pun penulisannya seperti itu? mohon jawabannya dikirim ke akun facebook saya “deti mulyati”. terimakasih

  13. Terima kasih smua ilmunya smg sangat bermanfaat !

  14. Sangat bermanfaat, sepele tp kalo salah menulis menjadi lain makna, sangat berguna skali panduannya buat yg awam.

    Salam

  15. @Siswati Kurdi
    sama-sama.

Tulis Komentar