web 2.0

Bahasa Arab Dasar 4: Beda Isim Fi’il

الْفَرْقُ بَيْنَ الاِسْمِ وَ الْفِعْلِ

(Perbedaan antara Isim dan Fi’il)

Ciri-ciri Isim:

عَلاَمَاتُ الاِسْم

التََّنْوِيْن

مِثْلُ :{ فَلاَ تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَندَادًا وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ} البقرة:22

الخَفْض

مِثْلُ : {بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} الفاتحة:1

الْأََلِفُ وَاللاَّم

مِثْلُ :{ ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ ِفيهِ} البقرة:2

حَرْفُ الجَرِِّ

مِثْلُ :{ وَلاَ تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ} البقرة:42

Dengarkan Kajian:

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

work from home customer service

Print This Post Print This Post 90,428 views

Iklan Baris

Web Buletin Tauhid
Website ini adalah kumpulan berbagai artikel Buletin At Tauhid. Buletin ini diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari (YPIA) yang berpusat di Yogyakarta. Buletin ini terbit setiap Jum'at dan disebar di masjid-masjid sekitar kampus UGM.

42 Komentar Untuk “Bahasa Arab Dasar 4: Beda Isim Fi’il”

  1. Alhamdulillah…masyaAllah

  2. tolong!

    jwab semua pertanyaan denganbenar

  3. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Alhamdulillah…semoga Allah swt membalas semua kebaikan akhi, dengan adanya bahasa arab online, saya bisa belajar bahasa arab dengan lebih semangat lagi. Semoga nanti akhi bisa memberikan pelajaran bahasa arab selanjutnya(pendalaman)
    syukran jazakallahu khairan katsiran…

  4. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Alhamdulillah dengan adanya pelajaran basa arab dengan sistem online, dan bisa di download oleh semua orang berarti akan semakin banyak orang yang
    di mudahkan untuk mempelajari dan mengambil manfaat,untuk mendalami agama yang Agung dan Mulia ini,dan semoga Alloh Yang Maha Sempurna Balasannya
    memberikan balasan yang banyak kepada antum,syukran jazakallahu khairan katsiran salam ukhuwah dan semoga selalu istiqomah di atas Al-Qur’an dan Sunah Dari Abu Fauzan Min Batam

  5. Terima kasih banyak atas perjuangan teman-teman sekalian menegakkan sunnah dan berdakwan dengan cara apapun, saya sangat bersyukur bisa mengenal dakwah ini dan ikhwan sekalian walau kita belum pernah bertemu,.. sangat bagus…

  6. subhanalloh… pulang dari pondok ternyata ada hikmahnya juga, bisa belajar bahasa arab lagi… pelajaran disini sama seperti waktu ana mondok, cuma alangkah enaknya lagi jika kita di beri buku panduan terutama tentang sorof (karena penjelasannya lumanyan banyak) itu saja usul dari ana. jazakummulloh khoiron

  7. aduh lengkapnya tp kenapa za aq masih sulit mempelajari bahasa arab apalagi baca kitab yang g ada harokatnya..huu sulit banget bisa g kasih trik2 atau metode yang bisa membantu lebih mudah dalam pembelajaran bahasa arab,,,??????sukron kasir….

  8. #umi
    Semoga artikel-artikel ini bisa membantu:
    http://badaronline.com/artikel/tips-tips-cepat-baca-kitab-gundul.html
    http://badaronline.com/artikel/kunci-sukses-belajar-bahasa-arab.html
    http://badaronline.com/artikel/kiat-sukses-belajar-bahasa-arab.html
    BarakAllah Fikum..

  9. assalamualaikum, syukran atas perkongsian ilmu bahasa arab yang mulia ini. silakan layari laman http://bersamaberjaya.blogspot.com.
    semoga dapat saling berkongsi ilmu.

  10. Ass ….
    wUuih hebat juga neyh …jadi ngebantu saya ngerjain makalah gak perlu susah2 ngartiin kitab lagi ehhehe pokoknya makasi bgt karna bermanfaat bgt . tpi tLong diLengkapi lagi donk shorofnya , koq gak ada masdar cEe …sukses ya mo9a bisa lebih berkembang lagi.
    wasalam.

  11. As-Salaamu ‘alaikum. Jazakallaahu khairan atas artikelnya dan lainnya.

  12. assalamu’alaykum..jazakallah khoir atas ilmunya, ijin copas yaa akhi..
    Barokallohu fiyk

  13. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    MasyaAllah…Alhamdulillah…
    semoga Allah swt membalas semua kebaikan Ustad, dengan adanya bahasa arab online, saya bisa belajar bahasa arab dengan lebih semangat lagi. Semoga nanti Ustad bisa memberikan pelajaran bahasa arab selanjutnya(pendalaman)
    syukran jazakallahu khairan katsiran…

  14. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Alhadulillah,, sungguh amal jariyah yang luar biasa untuk website ini.. saya jadi lebih mudah mempelajari bahasa Quran..

  15. salam pengenalan

  16. izin taklim bahasa arab..ustad..

  17. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    pak kalo pake tiga dikombinasi bisa atau tidak?
    contoh:

    jer+hoptu+tanwin

  18. #harjib
    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
    Afwan, Maksudnya bagaimana ya akh?

  19. Jazakalah khairan..
    Mohon ditambahkan cara bacanya..Krna kalo dibaca lewat hp harokatnya tidak kelihatan..

  20. syukron…

  21. tolong… pembahsan yang di maksud diberi warna yang berdeda agar lebih jelas…. dan penjelasan masalah perbedaan antara isim dan fiilnya ko gada (belum sesuai judul)….terima kasih atas segala ilmunya…..

  22. Ass Ustadz, ana mau tanya dlm surat Al-Baqoros 265 :… Fa aatat ukulahaa dhi’fayni…apakah dhi’fayni tmsk maf’ul mutlaq, jk iya masdar dr fi’il yg mana dr ayat tsb? Syukron.

  23. Assalamu alaikum..bg yg br belajar malah jd bingung ustad..mohon yg dibahas (isim) dikasih warna/hrf tebal..juga bacaan huruf latinnya..saya bkn santri. Mksh

  24. ustadz kok g ada b.indonesianya saya g ngerti sama sekali

  25. Terimakasih artikelnya. Website ini bagus sekali sangat membantu saya dlm mengajar. Sedikit tanya mas, ada tidak buku panduan mengajar bahasa arab praktis untuk siswa Mts yang mudah mungkin jika ada beserta CDnya??…

  26. alhamdulillah dengan adanya link ini saya lebih semangat belajar bahasa arab

  27. assalamualaikum…..syukron atas artikel nya

  28. Aslmu’alaikum…..Akhi? Ana Faisal dari Bima, tolong ihwan kirimkan daftar tabel 22 Wajan, Jajakallah khair..

  29. Salam gan…
    Ane bangga skali dengan trobosan pembelajaran mas bro..
    And sudah ane liat mas bro membuat applikasi flash ttg pelajaran ini.
    Andai aja mas bro dan tim membuat aplikasi unt Devices Android, ane akan lebih senang dan bangga..
    Dan insya Allah bkn ane aja yang senang, pasi kawan2 yang lain senang dan bisa lebih bermanfaat bagi kita.

    Salam

  30. assalamualaikm
    ana boleh mnta tlong gx
    ana pgen bljar shorof n nahwu
    tp ana gx tau dasar ny
    n aq ajari dong trik2 ny byar gmpang

  31. Assalaamualaykum,

    dri sini kta bsa memahami selain yg dijelaskan bahwa, Isim itu sndiri bsa di awal, tengah n akhir jumlah(kalimat). dsini jga terlihat bahwa Harf Jar sendiri bergandengan dgn Isim….n Isim nya menjadi majroor (kasroh ataw bsa tanwin kasroh)

    ya ustadh, Baarakallahu fik

  32. Bismillah. Ahsan judulnya “Ciri-Ciri Isim”. Jazakallahu khoyro.

  33. @abu luqman yusuf
    wa iyyaak… syukron.

  34. @Abu Ukasha
    و عليكم السلام و رحمة الله
    wa fiik baarokallaah.

  35. @rohiq
    و عليكم السلام و رحمة الله
    ikuti saja pelan-pelan situs ini, jika ada yang belum difahami dengan baik, silahkan tanya.
    yassarallaahu lana wa lak

  36. @Faisal
    wa’alaikumussalam
    ‘afwan, sementara belum punya… siapa yang punya tolong kirimkan ke Akh Faisal Bima. syukron.

  37. salam ustaz mana ilmu sorof??gak jumpa daftarnya

  38. terimaksih ,,informasi ini sudah cukup membantu saya

  39. alhamdulillah . jazakallahu khair…

  40. Alhamdulillah..

  41. terima kasih banyak atas ke ikhlasannya menerbitkan belajar tatabahasa Arab ( Ilmu: Nahwu, Shorof ) dan saya mohon Ridho-Mu tuk mengkopy kitab ini.

    جزاكم الله خيرا

  42. @aku
    yang di pelajaran dasar ini baru nahwu akh, sebagiannya ada pelajaran shorof tapi belum banyak