web 2.0

Software Perhitungan Zakat "Zakka 1.0"

Para pembaca yang di muliakan oleh Allah, Allah ta’ala telah mewajibkan zakat bagi seorang yang hartanya telah mencapai batas diwajibkannya zakat (nishab) selama satu tahun (haul), bagi seorang muslim yang hartanya berlebih mencapai nishabnya maka dia diwajibkan untuk menunaikan zakat atas hartanya tersebut. Zakat adalah perkara yang sangat penting, perkara yang bisa menjadi salah satu solusi krisis yang menimpa kaum muslimin di zaman ini. Seandainya kaum muslimin yang berkewajiban menunaikan zakat menunaikannya dengan benar pada tempat-tempat yang tepat, maka niscaya kemiskinan-kemiskinan yang menimpa negeri-negeri islam akan bisa teratasi.

Diantara sebab kaum muslimin “enggan” untuk menunaikan zakatnya adalah ketidaktahuan mereka akan kewajiban dan pentingnya zakat, selain itu karena ketidaktahuan apakah harta saya sudah masuk nishab atau belum?…

Atas dasar itulah kami berusaha memberikan andil dalam memudahkan kaum muslimin dengan menyediakan software perhitungan zakat. Software ini merupakan dasar awal yang bisa di jadikan acuan dasar bagi perhitungan zakat anda. Fitur pada software ini masih membutuhkan pembenahan di sana sini, akan tetapi yang awal ini semoga bisa menjadi langkah untuk penyempurnaan ke arah yang lebih baik.

Contoh Praktis Menghitung Zakat Maal

Langkah-langkah menghitung zakat:
1. Hitung harta anda yang wajib dizakati.
2. Cek apakah jumlah harta anda sudah mencapai nishab/batas minimal harta wajib zakat ataukah belum. Untuk zakat emas atau uang nishabnya adalah senilai 85 gram emas murni.
3. Jika harta tersebut sudah mencapai nishab maka ditunggu selama satu haul(1 tahun hijriyah), jika selama satu tahun hijriyah harta tersebut tidak berkurang dari nishab atau justru bertambah maka anda wajib mengeluarkan zakat harta anda sebesar 2,5%.

Contoh Penghitungan zakat dengan software zakka:
1. Seseorang memiliki harta yang sudah dimiliki selama 1 tahun hijriyah, sebagai berikut:
– Uang tunai Rp 3.000.000,-
– Tabungan Rp 15.000.000,-
Berapakah zakatnya?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghitung nishab/batas minimal harta wajib zakat. Misal harga emas murni saat ini adalah Rp 250.000 maka:

Nishab = 85 x 250.000 = Rp 21.250.000
Karena nilai harta tersebut belum mencapai nishab maka harta tersebut belum wajib dizakati. Jika suatu saat harta tersebut mencapai nishab misal 2 bulan kemudian maka sejak saat itulah mulai dihitung haul dari harta tersebut, sehingga jika sudah berlalu satu tahun hijriyah dan jumlah harta tersebut tidak kurang dari nishab maka wajib dikeluarkan zakatnya.

Software Perhitungan Zakat

2 . Seseorang memiliki harta yang sudah dimiliki selama 1 tahun hijriyah, sebagai berikut:
– Uang tunai Rp 10.000.000,-
– Tabungan Rp 15.000.000,-
– Piutang Rp 5.000.000,-
Berapakah zakatnya?

Software Perhitungan Zakat

Link Pembuat Software: Penalette.Com

Untuk melihat artikel tentang zakat bisa melihat di link berikut:
Sucikan Hartamu Dengan Zakat
Kewajiban Dan Urgensi Zakat
Syarat Wajib dan Cara Mengeluarkan Zakat Mal

Download Software Zakka:

{title} ({hits})

personal essay

Print This Post Print This Post 16,294 views

Iklan Baris

Web Buletin Tauhid
Website ini adalah kumpulan berbagai artikel Buletin At Tauhid. Buletin ini diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari (YPIA) yang berpusat di Yogyakarta. Buletin ini terbit setiap Jum'at dan disebar di masjid-masjid sekitar kampus UGM.

18 Komentar Untuk “Software Perhitungan Zakat "Zakka 1.0"”

  1. Jazakallahu khairan… sungguh blog yang sangat bermanfaat… tetap update terus ya akh… terutama bahasa Arabnya…

  2. Assalamualaikum Wr. Wb

    Tentang zakat, jika masih punya hutang yang besarnya melebihi dengan tabungan/harta yang di miliki, bagaimana cara perhitungannya?,
    karena di dalam software tidak terdapat “hutang”, tapi hanya “piutang”.

    Wassalam

  3. Jiika ada hutang maka total harta dikurangi hutang dulu, jika setelah dikurangi ternyata jumlah harta kurang dari nishab maka harta tersebut belum wajib dizakati.
    Sedang untuk softwarenya maka insyaAllah untuk versi berikutnya insyaAllah akan kami sertakan isian untuk hutang. terimakasih atas sarannya.

    http://penalette.com

  4. Syukron…semoga Allah memudahkan kita dalam menegakkan Islam

    Wassalam

  5. bagaimana dengan rumah cicilan, apa keluar juga zakatnya padahan gaji kita untuk membayar rumah telah dikeluarkan zakatnya. dan kapan dikeluarkan?

  6. Assalamu’alaikum
    mengenai zakat maal, mau tanya sedikit nih.
    untuk nishabnya itu bgmana, misalnya pada tanggal 1 muharram sudah mencapai nishab apakah sudah langsung dikeluarkan zakatnya, atau selama 1 tahun(secara terus-menerus mencapai nishab) baru dikeluarkan zakatnya pada 1 muharram tahun berikutnya?
    wassalamu’alaikum

  7. Bismillah
    Assalamu’alaikum

    Untuk akh firdaushanafi
    Tidak ada zakat untuk rumah tempat tinggal, adapun jika rumah tersebut disewakan atau dikontrakkan maka ada zakat yang dikeluarkan dari hasil sewa jika nilai hasil sewa sudah mencapai nishab dan sudah berlalu satu haul.
    wassalamu’alaikum

  8. Bismillah
    Assalamu’alaikum

    Untuk akh wildan

    Nishab zakat Maal adalah senilai dengan harga 85 gram emas murni, jika harga emas murni saat ini misalnya Rp 300.000 maka nishabnya = 85 x 300.000 = Rp 25.500.000.
    Adapun untuk kasus yg ditanyakan akh wildan maka zakatnya dikeluarkan pada bulan muharram tahun berikutnya senilai 2,5 % dari harta.

    wassalamu’alaikum

  9. Teruskan perjuangan kalian, mari kita cerdaskan umat, sesuai disiplin ilmu yang kita kuasai untuk kemajuan islam, Thank

  10. maksih ya program kamu bermanfaat bgt buat aQ…
    tugas akhir semester aQ selesai..pi masih takut dengan nilai yang bakal di dapat..
    sekali lagi makasih

  11. syukron katsiran ‘ala musa’adatikum… asaa takuuna amalan hasanan lanaa… amin.

  12. sykuron katsiron ala’ musa’adatikum, asaa an takuuna amalan hasanan lanaa…. amin

  13. assalamu alaikum minta izin downlod ya

  14. ijin donlod akh,

  15. Assalamu ‘alaikum..

    Sekedar ingin memperkaya software zakat yang sudah ada.
    Silahkan download ZakatCalc dari http://islam.indokreatif.net/zakatcalc/
    Gratis dan opensource…

    Wassalamu ‘alaikum..

  16. jazakallah…
    langsung donlod nih..

  17. apakah kendaraan jg dhitung sebagai kekayaan baik itu yg sudah lunas ataupun masih kredit? klo berupa tabungan / deposito / sukuk apa jg dihitung?

  18. Jazakallah…
    Ana dl sempet mo ngembangin software Faraidh ( Sitem pembagian waris)… Cuman terptus