web 2.0

Bahasa Arab Dasar 24: Pembagian Fi’il Ditinjau Dari Waktu Terjadinya

أَقْسَامُ الفِعْلِ
تَقْسِيْمُ الْفِعْلِ بالنَّظَرِ إِلَى زَمَنِ وُقُوْعِهِ

(Pembagian Fi’il Ditinjau Dari Waktu Terjadinya)

Tabel Pembagian Fi'il

1. Fi’il Madhi

Fi’il madhi adalah fi’il yang menunjukkan kejadian pada waktu lampau

Contoh:

خَلَقَ (Telah menciptakan)

خَرَجَ (Telah keluar)

أََمَرَ (Telah memerintah)

أَكَلَ (Telah makan)

2. Fi’il Mudhori’

Fi’il mudhori’ adalah fi’il yang menunjukkan kejadian pada waktu sekarang atau akan datang

Contoh:

يَخْلُقُ (Sedang/akan mencipta)

يَخْرُجُ (Sedang/akan keluar)

يَأْمُرُ (Sedang/akan memerintah)

يَأْكُلُ (Sedang/akan makan)

3. Fi’il Amr

Fi’il amr adalah fi’il yang digunakan untuk menuntut terjadinya sesuatu pada waktu setelah pengucapan (kata kerja perintah)

Contoh:

اُدْخُلْ (Masuklah)

اُخْرُُجْ (Keluarlah)

اِِجْلِسْ (Duduklah)

اِِرْفَعْ (Angkatlah)

Dengarkan Kajian:

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

online essays

Print This Post Print This Post 31,046 views

Iklan Baris

Web Buletin Tauhid
Website ini adalah kumpulan berbagai artikel Buletin At Tauhid. Buletin ini diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari (YPIA) yang berpusat di Yogyakarta. Buletin ini terbit setiap Jum'at dan disebar di masjid-masjid sekitar kampus UGM.

10 Komentar Untuk “Bahasa Arab Dasar 24: Pembagian Fi’il Ditinjau Dari Waktu Terjadinya”

  1. afwan ana cari bhs arab dasar edisi 19 gak ada? gmn caranya ana bisa belajar edisi tersebut. syukron

  2. afwan…ana mau tanya bhs arab dasar edisi 19 kok gak ada yaa… gmn caranya ana bisa belajar edisi tersebut. syukron

  3. bahasa arab dasar edisi 19 bisa dilihat pada daftar isi pelajaran pada kolom Belajar Dari Awal yang berada di kanan sidebar

  4. Waah terima kasih mas badar! Dengan begini saya nggak perlu disetrap!! Yay! :D cuma masalahnya tinggal nyambungin hurufnya aja nih… Stress ya mas… maklum pemula :)

  5. makasih yah…jadi lebih ngerti deh..><

  6. Assalamualaikum, jazakallahu khairan mas admin. Ana mau minta tlg, bisa nggak kiranya ana download artikelnya dari awal. Soalnya ana ingin sekali lebih intens belajar bahasa arabnya secara offline.

  7. @Abu Faqih
    wa’alaikumussalam, na’am akhi, silakan download dari awal, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik, wa jazakallahu khairan

  8. assalamu’alaikum…afwan ganggu,saya mau tanya memang kegunaan mempelajari ilmu fi’il dasar dalam bahasa arab untuk apa?apa dampak yang di peroleh bila belum menguasainyaka?terimakasih sebelumnya…wassalamu’alaikum Warohmatullohi WA Barokatuh

  9. Assalamu’alaikum,terimakasih ea ka atas infonya…semoga apa yang kaka usahakan dapat bermanfaat untuk semua…amin

  10. @nery
    و عليكم السلام و رحمة الله
    kegunaannya sama dengan kegunaan belajar bahasa ‘arab secara ‘umum, dan dampak tidak mengetahuinya sama dengan dampak tidak mengetahui bahasa ‘arab secar ‘umum… karena fi’il adalah salah satu bahasa utama bagi siapa saja yang mempelajari bahasa ‘arab. syukron.
    و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته