- Bahasa Arab Online - http://badaronline.com -

Rahasia Huruf "Lam" dan "’Ala" dalam Doa Pernikahan

Pembaca mulia, sebagai seorang muslim, kita tentu sering mendengar, -bahkan sejak kita kecil- bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang paling jelas dan paling indah sehingga dipilih sebagai bahasa Al-Qur’an, bahasa umat Islam.

Namun, barangkali kebanyakan di antara kita sering timbul pertanyaan, “Di mana letak keindahan bahasa Arab?” atau “saya membaca terjemahan Al-Qur’an kok biasa-biasa saja, tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia lagi atau jika disesuaikan, malah kaku jadinya” atau pertanyaan-pertanyaan semisal.

Pembaca mulia, apakah kita pernah mempelajari bahasa Arab? where to buy gravity blanket [1] Jika jawabannya “Belum”, sangat wajar apabila pertanyaan-pertanyaan di atas dapat muncul. Sesungguhnya siapa pun yang tidak menguasai bahasa Arab, tidak akan bisa mengetahui, di mana letak keindahannya.

Nah, untuk mengungkap seluruh keindahan bahasa Arab, tentunya tidak akan cukup dalam satu artikel. Dalam kesempatan ini, penulis akan coba ketengahkan salah satu rahasia bahasa Arab dalam hal preposisi (kata depan) semata. Ya, sebatas preposisi pun mempunyai makna yang dalam.

Alasan ditulisnya artikel ini adalah ketika beberapa waktu yang lalu, penulis mendapat undangan pernikahan dari salah seorang ikhwan. Dalam undangan tersebut, tertera doa walimah

بارك الله لك و بارك عليك و جمع بينكما في خير

/baarakallahu lak, wa baaraka ‘alaik, wa jama?a bainakuma fii khair/ (Lihat kitab المستدرك على الصحيحين /al-mustadral ‘ala shahihain/, karya محمد بن عبدالله أبو عبدالله الحاكم النيسابوري /Muhammad bin Abdillah Abu ‘Abdillah Al-Hakim An-Naisaburi/, cet. I Beirut, tahun 1411 H / 1990 M : Darul Kutub Al-Ilmiyyah, tahqiq: Musthafa Abdul Qadir Atha, juz II, hal. 199, hadits nomor: 2745. Kitab ini dicetak bersama kitab تعليقات الذهبي في التلخيص /ta?liqat Adz-Dzahabi fi At-Talkhiis/.)

Doa di atas, sering diterjemahkan: “Semoga Allah memberi berkah padamu, dan semoga Allah memberi berkah atasmu, dan semoga Ia mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Sekilas, terjemahan di atas sudah tampak benar. Akan tetapi, terjemahan tersebut belumlah mewakili makna yang terkandung dalam doa walimah tersebut.

Setelah melihat undangan tersebut, penulis menjadi teringat penjelasan Al-Ustadz Al-Fadhil Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif tentang perbedaan preposisi اللام dan على dalam doa walimah secara khusus, dan dalam penggunaan bahasa Arab secara umum. Hal ini beliau sampaikan ketika beliau memberi materi dalam daurah bahasa Arab kelas takhossus Angkatan XI pertengahan tahun 2006 di Ma’had Al-Furqon Gresik. Beliau juga memberikan faidah tambahan setelah menjelaskan makna doa walimah tersebut, yang insya Allah akan penulis tuangkan dalam artikel ini.

Rahasia Preposisi اللام dan على

Pembaca mulia, bila dilihat secara leksikal, memang tidak salah apabila kita menemui kalimat:

بارك الله لك و بارك عليك و جمع بينكما في خير

Lalu kita terjemahkan,

“Semoga Allah memberi berkah padamu, dan semoga Allah memberi berkah atasmu, dan semoga Ia mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan”

Pertanyaannya adalah, “Apakah pembaca dapat membedakan makna padamu dan atasmu dalam terjemah doa walimah di atas? Tentu tidak bisa bukan?

Penjelasan

Pembaca mulia, preposisi اللام /laam/ secara harfiyyah artinya memang bisa diterjemahkan ‘pada’. Adapun على /?alaa/ dapat diterjemahkan ‘di atas’. Akan tetapi, jika kedua preposisi tersebut terdapat dalam satu kalimat secara bersamaan, makna preposisi tersebut tidak bisa lagi diterjemahkan secara harfiyyah ‘pada’ atau ‘di atas’ lagi. Namun, makna اللام menunjukkan makna yang baik, sedangkan menunjukkan makna yang buruk. Oleh karena itu, jika memerhatikan hal ini, doa walimah di atas jika diterjemahkan akan menjadi panjang, yaitu:

“Semoga Allah memberi berkah padamu di saat rumah tanggamu dalam keadaan harmonis, dan semoga Allah (tetap) memberi berkah padamu di saat rumah tanggamu terjadi kerenggangan (terjadi prahara), dan semoga Dia (Allah) mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan”.

Nah, bagaimana arti di saat rumah tanggamu dalam keadaan harmonis bisa muncul? Jawabnya adalah karena adanya preposisi اللام yang makna menunjukkan hal-hal yang baik jika disandingkan dengan preposisi على dalam satu kalimat. Konteks kalimat di atas adalah pernikahan, sehingga diketahui secara pasti bahwa hal-hal yang baik dalam pernikahan adalah ketika pasangan hidup dalam keadaan harmonis.

Demikian pula sebaliknya, arti di saat rumah tanggamu terjadi kerenggangan (terjadi prahara) dapat muncul sebagai terjemahan dari preposisi على . Preposisi ini akan menunjukkan makna yang buruk jika disandingkan dengan preposisi اللام dalam satu kalimat. Konteks kalimat di atas adalah penikahan, sehingga diketahui secara pasti bahwa hal-hal yang buruk dalam penikahan adalah ketika pasangan hidup mengalami kerenggangan atau prahara dalam rumah tangganya.

Hal ini membawa pelajaran penting bagi setiap orang yang akan menikah bahwa Nabi sudah mengisyaratkan dalam rumah tangga yang akan dihadapi tidaklah selamanya dalam keadaan yang bahagia dan harmonis. Setelah menikah nanti, seorang istri akan melihat sisi lain dari sang suami, yang tidak ia ketahui sebelum menikah. Demikian pula sebaliknya, sang suami akan melihat banyak hal yang tidak diketahuinya dari si istri setelah ia bergaul dengan istri beberapa hari pasca pernikahan. Pertengkaran sangat mungkin terjadi antara suami dengan istri, yang bisa muncul karena adanya kecemburuan, kesalahan dari salah satu pihak, bahkan karena adanya hal-hal sepele sekalipun. Dalam kondisi prahara ini, Nabi mengisyaratkan bahwa Allah bisa akan tetap memberi berkah pada suami istri tersebut. Bagaimana sikap suami ketika menghadapi kesalahan istri, demikian pula bagaimana istri ketika menghadapi kesalahan suami adalah hal-hal yang telah diajarkan dalam syariat Islam.

Anggapan bahwa rumah tangga selamanya 100% akan harmonis, tanpa ada perselisihan dan pertengkaran adalah anggapan yang keliru. Bagi yang sudah menikah, tentu mengetahui hal ini. Nabi kita yang mulia, memberi sifat bagi wanita bahwa mereka adalah kaca-kaca, sebagaimana dalam sabdanya,

ارفق بقوارير

Lembutlah kamu kepada kaca-kaca (maksudnya para wanita)?

Dalam kitab Fathul Bari, dijelaskan bahwa wanita disamakan dengan kaca karena begitu cepatnya mereka berubah dari ridho menjadi tidak ridho, dan karena tidak tetapnya mereka (mudah berubah sikap dan pikiran), sebagaimana kaca yang mudah untuk pecah dan tidak menerima kekerasan. (Periksa dalam Fathul Bari X/545)

Oleh karena itu, ulama jenius, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, memberikan nasihat kepada kita tentang wanita,

“?Sebuah kata yang Engkau ucapkan bisa menjadikannya menjauh darimu sejauh bintang di langit, dan dengan sebuah kata yang Engkau ucapkan, bisa menjadikannya dekat di sisimu.” (Periksa dalam kitab Syarhul Mumti’, XII/385.)

Bahkan, Nabi sendiri juga menjelaskan bahwa sangat memungkinkan suami akan mendapati hal-hal yang tidak ia kehendaki pada istrinya, tetapi hal tersebu Nabi larang dijadikan alasan untuk membenci istrinya tersebut, sebagaimana dalam sabda beliau

لا يفرك مؤمن مؤمنة إن كره منها خلقا رضي منها آخر

Janganlah seorang mukmin benci kepada seorang wanita mukminah (istrinya). Jika ia membenci sebuah sikap (akhlak) istrinya, maka ia akan ridho dengan sikapnya (akhlaknya) yang lain)” (Lihat kitab صحيح مسلم /shahihil muslim/, karya مسلم بن الحجاج أبو الحسين القشيري النيسابوري /Muslim bin Al-Hajjaj Abul Husain Al-Qusyairi An-Naisaburi, cet. Beirut: Daar Ihya? At-Turats Al-?Arabi, juz. II, hal. 1091, hadits nomor: 1469. Kitab ini dicetak bersama kitab تعليق محمد فؤاد عبد الباقي /Ta?liq Muhammad Fuad Abdul Baqi/.)

Maka, benarlah apa yang pernah disampaikan Al-Ustadz Firanda bahwa, “Suami yang paling sedikit mendapat taufik dari Allah dan yang paling jauh dari kebaikan adalah seorang suami yang melupakan seluruh kebaikan-kebaikan istrinya, atau pura-pura melupakan kebaikan istrinya dan menjadikan kesalahan-kesalahan istrinya selalu di depan matanya. Bahkan terkadang kesalahan istrinya yang sepele dibesar-besarkan, apalagi dibumbui dengan prasangka-prasangka buruk yang akhirnya menjadikannya berkesimpulan bahwa istrinya sama sekali tidak memiliki kebaikan.”

Ustadz Firanda juga menyampaikan bahwa di antara yang dilakukan syaitan kepada suami tatkala marah kepada istrinya ialah dengan berkata, “Sudahlah ceraikan saja dia, masih banyak wanita yang shalihah, cantik lagi.., ayolah jangan ragu-ragu?” Syaithan juga berkata, “Cobalah renungkan jika Engkau hidup dengan wanita seperti ini.., bisa jadi di kemudian hari ia akan membangkang kepadamu? Atau syaithan berkata, “Tidaklah istrimu itu bersalah kepadamu kecuali karena ia tidak menghormatimu.. atau kurang sayang kepadamu, karena jika ia sayang kepadamu ia tidak akan berbuat demikian.”

‘Selesai penjelasan Ustadz Firanda’

Demikianlah, syaithan berusaha memisahkan hubungan antara suami dengan istri. Kesempatan yang tidak disia-siakan syaithan adalah ketika suami melihat satu kesalahan istrinya, maka syaithan akan membisiki sang suami untuk menjauhinya sampai menceraikannya. Namun, ingatlah kembali lafadz بارك عليك ‘Semoga Allah memberi berkah kepadamu ketika kamu ditimpa prahara’ ketika manusia mengucapkannya di saat Anda menikah dulu.

Lalu, bagaimana agar Allah tetap memberi berkah ketika rumah tangga ditimpa prahara dan pertengkaran? Ketika penulis berupaya menyusun risalah untuk menjawab pertanyaan ini, penulis sudah membayangkan berpuluh-puluh halaman untuk menyelesaikannya. Maka, hal tersebut akan penulis sajikan dalam artikel tersendiri. Namun, satu kunci pembuka untuk menjawab pertanyaan di atas adalah sabda Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ألا إن المرأة خلقت من ضلع و أنك إن ترد إقامتها تكسرها فدارها تعش بها

Ketahuilah bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk, dan jika Engkau ingin meluruskannya, maka Engkau akan mematahkannya. Oleh karenanya, berbasa-basilah! Niscaya Engkau bisa menjalani hidup dengannya.” (Lihat Kitab المستدرك على الصحيحين /al-mustadrak ‘ala shahihain/, karya محمد بن عبدالله أبو عبدالله الحاكم النيسابوري /Muhammad bin Abdillah Abu ‘Abdillah Al-Hakim An-Naisaburi/, cet. I Beirut, tahun 1411 H / 1990 M : Darul Kutub Al-Ilmiyyah, tahqiq: Musthafa Abdul Qadir Atha, juz 4, hal. 192, hadits nomor: 7334. Kitab ini dicetak bersama kitab تعليقات الذهبي في التلخيص /ta?liqat Adz-Dzahabi fi At-Talkhiis/.)

Maka, benarlah perkataan Adh-Dhohak, “Jika terjadi pertengkaran antara seorang dengan istrinya, janganlah ia bersegera untuk mencerainya. Hendaknya ia bersabar terhadapnya, mungkin Allah akan menampakkan dari istrinya apa yang disukainya.” (Periksa kitab Ad-Dur Al-Mantsur, II/465).

Sumber: http://alashree.wordpress.comRelated: aubrey pearsons oaks husband [2], false statement penalty edd [3], pisces woman disappearing act [4], do cafeteria workers get paid during the summer [5], retirement bungalows to rent in leicestershire [6], how does stefan get rid of the huntress mark [7], sabor dulce en la boca coronavirus [8], nhs pharmacy uniform [9], les miserables monologue cosette [10], farmers’ almanac may 2022 weather [11], disadvantage of using powerpoint presentation [12], nra backpack offer [13], callaghan mortuary obituaries [14], gary sasser wife [15], can you get an std from sharing a vape [16],Related: atrium health pineville npi [17], mined minerals gis section of the wv property tax division [18], wilson creek nc fishing map [19], total quality management in restaurants [20], cheap apartments in kansas city, mo with all utilities paid [21], canar conference 2022 [22], 5e spells that give disadvantage on attacks [23], restaurants glendale americana [24], usmc uniform regulations 2021 [25], can you get golden pup in private server [26], land rover discovery 3 warning lights [27], steven brooks obituary july 2021 [28], frank abagnale sr medal of honor [29], easiest podiatry school to get into [30], 1970 mercury cyclone spoiler 429 scj for sale [31],Related: angel gotti married [32], when may you use a sidewalk for passing massachusetts [33], bbc radio 2 playlist: today [34], simulate chicken nuggets [35], what did katharine hepburn died of [36], strawberry banana moonshine mash recipe [37], leighton buzzard observer obituaries [38], prayer points to destroy the strongman against my marriage [39], falling in love with a widowed woman [40], amati abn 36 contrabassoon [41], sun, moon and rising sign calculator [42], lenovo i3xoms motherboard specs [43], roberto ayala obituary [44], eagle brook church staff list [45], days of our lives soaps she knows [46],Related: what does this chemical symbol represent ammo 45 [47], bill haney sr age [48], pflugerville high school football roster [49], new homes under $200k houston [50], new jake from state farm net worth [51], southerland funeral home panama city, fl obituaries [52], temple university president salary [53], heretic knives hydra [54], shenandoah university volleyball camp [55], 9960 cotton picker for sale [56], 5 letter words with lar in them [57], james knight pulliam, sr [58], toy hauler party deck kit [59], paige heard obituary austin tx [60], dea psychological assessment [61],Related: barefoot aruba vs flying fishbone [62], removing paint from drywall with heat gun [63], noble excellence stoneware [64], demiurge wiccan feats [65], margaret pelley kcra [66], chris mccandless photos death [67], venthyr soulbind calculator [68], pluto in aquarius french revolution [69], uk knife crime statistics 2021 [70], what did smokey say in spanish on friday [71], nuna pipa lite low birth weight pillow [72], how to change split screen to vertical on modern warfare [73], heartland amy and ty first sleep together [74], bus lane camera locations [75], the reserve at lake keowee vs the cliffs [76],Related: tikka t3x roughtech ember for sale [77], how to complain about espn announcers [78], the monarch foundation new york [79], 15461456eba5e600 can twins be born months apart [80], what to say to get admitted to the hospital [81], allen iverson house north carolina [82], dr scottsdale bbl cost [83], twin falls obituaries for today [84], mshsl softball rules 2021 [85], lee raymond building alaska age [86], denise jackson birthday [87], react table filter examples [88], house for rent fortune town bacolod city [89], kiki camarena death scene [90], cocomelon birthday cake for boy [91],Related: atlanta police officers names [92], fugitive of the week northampton county [93], banksia roots invasive [94], our iowa magazine bluebird house [95], how much to budget for food at atlantis [96], hiroshi miyano parents [97], ransford funeral home obituaries [98], calcular la fecha de tu alma gemela [99], how much is a john wayne autograph worth [100], memorial day hockey tournaments 2022 [101], jim’s steakout steak sauce recipe [102], haverhill gazette police log [103], sam snead’s early bird menu [104], tila tequila second baby father [105], iceland mitochondrial dna native american [106],Related: 5th engineer special brigade [107], nwsl open tryouts 2022 [108], myanmar cigarette brands [109], apartments for rent merced, ca [110], 1997 sea ray 175 for sale [111], seymour cohen obituary [112], gibson county mugshots [113], proportionate dwarfism pictures [114], can houston metro police give tickets [115], housing for returning citizens in michigan [116], air force complaints resolution program supplemental guide [117], ranchos de venta en riverside, ca [118], kangvape onee max instructions [119], how to become a real estate agent in italy [120], henderson shooting today [121],Related: james parrott obituary [122], biden political cartoons [123], bryan schuler 2018 [124], kentucky derby probables [125], texas garter snakes for sale [126], psychological examples of behavior [127], famous young republicans [128], heavy equipment recovery rope [129], marc o’leary hard drive wretch [130], lake allatoona boat ramps open [131], year of the dragon 2022 predictions [132], east aurora advertiser obituaries [133], tripp isenhour salary [134], leftover cornbread fritters [135], when will state employees get a raise [136],Related: terrie batson age [137], combining intarsia and fair isle [138], trey thomas lake charles la [139], moving in with mom after dad died [140], ritz charles wedding cost [141], hanworth leisure centre opening times [142], hospice lcd guidelines 2021 [143], private french chateau for wedding hire [144], presidents quiz in order with pictures [145], epping forest council housing bands [146], john anglin still alive [147], diferencia entre holocausto, y sacrificio [148], willie rogers gospel singer [149], charleston county arrests mugshots [150], limitless sports academy temecula, ca [151],Related: jackson grundy bungalows for sale in northampton [152], hypixel level xp chart [153], highwaymen paintings signatures [154], autopsy funeral betty broderick 2019 [155], bill ford wife [156], app pickleball 2022 schedule [157], va disability for limited range of motion shoulder [158], intimate wedding packages [159], james smith obituary march 2021 [160], shooting in big spring, texas today [161], wansbeck hospital parking [162], robert holmes obituary [163], indra nooyi daughter wedding [164], bible characters who waited patiently [165], how to file a complaint against dcfs [166],Related: 2mg nicotine lozenges equals how many cigarettes [167], julia collin davison husband [168], healthiest thing at tutto fresco [169], east greenbush school tax bills [170], golden 1 account suffix [171], snhu financial aid disbursement schedule 2020 [172], plane crash in chicago yesterday [173], dentist put brown stuff in dry socket [174], xxs petite scrubs sets [175], is tennis masculine or feminine in french [176], madden 22 best abilities for linebackers [177], rugby recycling centre booking [178], amount of arrears of cumulative dividend is shown [179], founders league cross country 2021 results [180], neil schuster wedding [181],Related: home 365 property management lancaster pa [182], natural choice vs white duck [183], rudy solari cause of death [184], pathfinder kingmaker ring of circumstances worth it [185], how old is lovell from sml [186], uber pick up central station sydney [187], is pauline kana still alive [188], cold justice updates 2021 [189], san diego state softball coaching staff [190], is it illegal to touch sea turtles in mexico [191], nailea devora hair color [192], myers park country club lawsuit [193], hagee ministries israel trip 2021 [194], a child in hiding readworks answer key [195], ashford borough council missed bin collection [196],Related: malone ny police blotter [197], dcf background screening disqualification [198], houses for rent in thorndale, tx [199], apartments crooks ave, paterson, nj [200], robert pickton net worth [201], i got an unexpected deposit from irs [202], nbc california live hosts [203], mexican red knee tarantula for sale uk [204], arthur curtis sumpter sr pictures [205], richard uihlein religion [206], addis ababa city administration housing agency news [207], cord of three strands, wedding board [208], holocaust poems for middle school [209], how do i fix e4 error in pressure cooker [210], darcey silva height and weight [211],Related: joanna moore cause of death [212], pemberton, nj police blotter [213], how to view someone’s calendar in outlook 2021 [214], obituaries mississippi’s best community newspaper [215], milford regional urgent care franklin ma wait time [216], famous conflict of interest cases 2020 [217], soft summer celebrities [218], pa rules of civil procedure service of subpoena [219], why did the prophets of baal cut themselves [220], shooting in orange, nj today [221], db sweeney stroke [222], iowa non resident deer tag odds [223], backwards cardigan 1950s [224], 1969 ford fairlane 500 [225], suliane brahim really missing fingers [226],Related: jules hudson wife [227], which teeth move first with invisalign [228], william reynolds obituary [229], davidoff cool water discontinued [230], mcneese state university football coaches [231], how to summon beleth [232], are douglas lake diamonds worth anything [233], judge lina hidalgo husband [234], wickwoods country club membership fees [235], how many times is joy mentioned in the bible [236], charleston board of directors gmail com [237], ootp 22 realistic settings [238], manhunter ebert [239], what channel is espn on spectrum florida [240], no response to text after no contact [241],Related: lowline highland cross [242], nascar stages explained [243], good day property management chicago [244], helen barbara nelson death [245], the legend of neverland redeem code list [246], lansing housing commission [247], davidson county, nc warrants [248], square shower drain cover [249], brentwood, ca arrests [250], sharkbite depth chart [251], roll windows down with key fob chrysler pacifica [252], sergey grishin montecito home [253], tejava expiration date [254], sword fight and flex your time script pastebin [255], how to remove floating icon android 12 [256],Related: pros and cons of banning gas cars [257], were brett somers and charles nelson reilly married [258], hitching post marysville ca [259], cme conferences in chicago 2022 [260], browning elementary school calendar [261], jatbula packing list [262], dillon corbin georgia [263], long island country club membership fees [264], tottenham hale crime rate [265], john savage columbine [266], what mlb team sells the most merchandise [267], modified muffins strain indica or sativa [268], long term parking in la crosse, wi [269], santa fe high basketball [270], nhs payslip explained afc absence [271],Related: courtney cox boston college [272], denise wright obituary [273], cvs restrictive covenant agreement [274], theodore alabama crime [275], jade roller cancer warning [276], washington state 4a baseball rankings 2022 [277], is prank calling illegal in ohio [278], how to disassemble a honeywell quietset fan [279], aussie grill nutrition facts [280], the rose room thanksgiving point [281], jackshaft gear ratio calculator [282], the tss club [283], mattie westbrouck relationship [284], lake alan henry water temp [285], pax charging lights [286],Related: douglas ‘s george defense complex pyramid [287], emi account change request letter [288], lisa rosenthal attorney [289], how can i make vanilla pudding taste like french vanilla pudding [290], jeffrey friedman honey bruce [291], , nicknames for landon [292], shawn randazzo obituary [293], joan blackman and elvis relationship [294], cumin in coffee [295], executioner hood sewing pattern [296], bifold panel painting to hide tv [297], state province algeria [298], 2020 ram 2500 hidden features [299], advantages and disadvantages of gatekeeping theory [300],Related: belgian malinois rescue az [301], strategic congruence in performance management [302], when do ian and mickey get back together [303], jim davidson daughter sarah [304], how to add trc20 network to metamask [305], michael hilley obituary [306], british gas meter reading by phone [307], harvard swimming coaches [308], what happened to cameron doomadgee [309], cleveland state university soccer coach [310], coach gary blair wife [311], waterfront property lake bois d arc [312], amish holiday calendar 2021 [313], adam johnson wife dr suzanne johnson [314], how to install newel post on first step [315],