- Bahasa Arab Online - http://badaronline.com -

Pembiasaan Bahasa Arab: Hadits Keutamaan Penuntut Ilmu

Kaum muslimin yang dimuliakan oleh Allah ta’ala, untuk dapat menguasai bahasa arab tentunya di perlukan kerja keras dan latihan penguasaan bahasa. Di antara cara yang efektif untuk pembiasaan bahasa arab adalah dengan sering menyimak kajian-kajian dan pembahasan yang berkaitan dengan bahasa arab.

Perkataan yang paling mulia adalah Firman Allah subhanahu wa ta’ala dan sabda Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, berikut ini kami bawakan hadits dari Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam tulisan arab gundul (belum berharakat), silakan simak tulisan tersebut dan perhatikan cara bacanya dari sound suara yang kami sertakan….

Maksud pelajaran kali ini, bukanlah agar pembaca langsung membaca tulisan arab gundul, karena pelajaran kita sampai saat ini belum sampai situ, akan tetapi maksudnya adalah pembiasaan mengenal dan meyimak bacaan dari tulisan arab, mengapa kata ini di baca demikian, kata yang satu ini di baca demikian dan seterusnya….

Bagitu pula ketika membaca al-Qur’an, hadits, atau membaca buku yang terdapat tulisan arabnya, maka hendaknya membiasakan untuk membaca teks arabnya langsung, baru kemudian membaca terjemahnya,. Pembiasaan tersebut akan lebih memudahkan untuk menghapal dan mengenal bahasa arab.

Dengan sering menyimak pelajaran seperti ini, maka akan membiasakan untuk mendengar dan menghapal susunan kata dan kalimat bahasa arab.

Teks Naskah Arab:

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Dengarkan Suara: