web 2.0

Mengenal I’rob Suatu Kata

Dalam kaidah bahasa arab, ada yang dikenal dengan I’rob atau mu’rob yang menunjukkan perubahan syakl (biasa berarti perubahan harakat atau perubahan bentuk) akhir dari suatu kata disebabkan kedudukannya dalam kalimat.?Lalu, bagaimana kita dapat mengetahui i’rob suatu kata dan bagaimana cara mengi’robnya??

Untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengi’rob suatu isim dari kalimat. Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu, apa saja isim-isim yang mu’rob, isim-isim menurut jenisnya dan bilangannya serta kedudukannya dalam kalimat, baik marfu’, mansub atau majrur, seperti fa’il, mubtada, khobar dan selainnya dalam pembahasan isim yang marfu’, dengan bekal tersebut dapat memudahkan di dalam mengi’rob suatu kata.

Sebagai contoh adalah kata فَاطِمَةَ dalam kalimat:

تُؤْمَرُ فَاطِمَةُ إِلَى السُّوْقِ  (Fatimah diperintah untuk ke pasar )

Dengan berbekal pemahaman dari pembahasan sebelumnya, kita dapat mengetahui bahwa Fatimah merupakan isim muannats yang menunjukkan perempuan, dengan kata berbentuk tunggal (tidak ada tambahan alif dan nun atau alif dan ta yang menunjukkan jamak), dan dengan melihat kedudukannya dalam kalimat, kita bisa tahu ternyata Fatimah berkedudukan marfu sebagai na’ibul fa’il, karena fi’il yang digunakan adalah fi’il mudhori majhul (kata kerja pasif).

Bagaimana cara mengi’robnya dalam bahasa arab??

Banyak cara untuk meng’irob isim, namun yang termudah dan lebih baik adalah diawali dari keadaannya (marfu’, mansub atau majrur), syakal akhirnya (dhommah, fathah, kasrah, dll), jenis dan bilangannya, serta kedudukannya sebagai apa dalam kalimat. Sehingga I’rob dari kata فَاطِمَةَ  dalam kalimat adalah:

فَاطِمَةٌ مَرْفُوْعٌ بِالضَّمَةِ لِأَ نَّهَا اِسْمُ مُؤَنَّثٍ مُفْرَدٌ نَائِبُ فَاعِلٍ

Faatimatun marfu’un biddhommati liannaha ismu muannaatsin mufrodun naaibu fa’ilin (Fatimah marfu’ dengan dommah karena ia merupakan isim muannats tunggal, sebagai naibul fa’il)

Bisa mengi’robnya? Atau masih bingung? Kita berikan contoh lainnya.

تَشْرَبُ مَرْيَمُ لَبَنًا  (Maryam meminum susu)

Kata مَرْيَمُ jika dii’rob menjadi

مَرْيَمُ مَرْفُوْعٌ بِالضَّمَةِ لِأَ نَهَا اِسْمُ الَّذِي لاَ يَنْصَرِفُ مُفْرَدٌ فَاعَلٌ

Maryamu marfu’un bidhdhommati liannaha ismulladzi laa yanshorif mufrodun fa’ilun (Maryam, keadaannya marfu dengan dhommah karena ia termasuk isim la yansorif tunggal, sebagai fa’il).

Dari contoh-contoh di atas, apa sebenarnya manfaat kita mengi’rob suatu kata dalam kalimat?

Jawabnya, ketika seseorang sudah bisa meng’irob suatu kata dengan benar, dia akan mengetahui makna dari kalimat yang diberikan dengan benar, dan faidah apa terkandung di dalamnya, karena setiap kedudukan kata dalam bahasa arab mempunyai maksud-maksud tertentu, salah I’rob, salah arti, menyesatkan. Selain itu, ketika sudah lancar dalam mengi’rob, dia akan menjadi lancar di dalam membaca kitab gundul.

Nah, untuk dapat menguasai cara mengi’rob suatu kata, coba kerjakan soal-soal berikut:

I’roblah kata yang digarisbawahi:

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِيْ الدِّيْنِ

أَلَيْسَ اللهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ

يُرْسَلُ عَلَيْكُمَا شُوَاظٌ مِنْ نَارٍ

قَرَأَ مُحَمَّدٌ اَلْمَجَلَّةَ

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ هَذَا يَوْمُ الأَحَدِ

Disamping mengerjakan soal-soal di atas, coba anda mengi’rob sendiri ketika anda sedang membaca al-qur’an, jika tidak tahu bisa ditanyakan kepada kami atau orang yang dianggap mengetahui.

Semoga dapat bermanfaat.

Print This Post Print This Post 21,919 views

Iklan Baris

Web Buletin Tauhid
Website ini adalah kumpulan berbagai artikel Buletin At Tauhid. Buletin ini diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari (YPIA) yang berpusat di Yogyakarta. Buletin ini terbit setiap Jum'at dan disebar di masjid-masjid sekitar kampus UGM.

36 Komentar Untuk “Mengenal I’rob Suatu Kata”

  1. subhnalloh, saya baru liat ada web site seperti ini. Insya alloh saya sebar luaskan kepada teman2 saya semoga menjadi faedah dan pahala bagi semuanya.

  2. syukron smg dgn adanya web. ini bs memudahkan kaum muslimin dalam mempelajari tata bhs Arab n tolong d bantu jika ad pertanyaan n qt ada kesulitan dalam memahami tata bahasa

  3. pak, apa bedanya lakin dengan lakinna di dalam beramal?ana tunggu segera jawabannya

  4. #nia
    Kalau lakinna dia beramal, huruf lakinna masuk pada mubtada khobar, akibatnya isim lakinna menjadi manshub dan khobarnya marfu. Adapun lakin dia tidak beramal, sehingga isim setelahnya tidak berubah.

  5. Assalaamu ‘alaikum,
    Saya mau coba latihan :
    1.اَللهُ :مَرْفُوْعٌ بِالضَّمَةِ لِأَ نَّهُ اِسْمُ مُذَكَّرٍ مُفْرَدٌ فَاعِلٌ
    2.اَللهُ :مَرْفُوْعٌ بِالضَّمَةِ لِأَ نَّهُ اِسْمُ مُذَكَّرٍ مُفْرَدٌ إِسْمُ لَيْسَ
    3.شُوَاظٌ : مَرْفُوْعٌ بِالضَّمَةِ لِأَ نَّهَا اِسْمُ مُؤَنَّثٍ مُفْرَدٌ نَائِبُ فَاعِلٍ
    4.اَلْمَجَلَّةَ: مَنْسُوْبٌ بِالْفَتْحَةِ لِأَ نَّهَا اِسْمُ مُؤَنَّثٍ مُفْرَدٌ مَفْعُوْلٌ
    5. اَلسَّلاَمُ: مَرْفُوْعٌ بِالضَّمَةِ لِأَ نَّهُ اِسْمُ مُذَكَّرٍ مُفْرَدٌاَلْمُبْتَدَأُ
    6.يَوْمُ : مَرْفُوْعٌ بِالضَّمَّةِ لِأًنَّهُ إِسْمٌ مُفْرَدٌ مُضَافٌ

    mohon koreksinya, Syukron
    Wasalaamu ‘alaikum

  6. jazakumullah di atas sumbangan antum ini… ianya cukup berfaedah untuk saya… semoga usaha antum ini mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah…
    syukran

  7. Assalamu’alaikum.
    Ustad, ana mau tanya ,kalimat يُرِدِ(yuridi)atas wazan apa ya Ustad?ِkarena menurut yang ana fahami fiil mudharik tidak pernah berbaris bawah (kasrah). syukran atas penjelasan Ustad..

  8. #Abu Shifa
    wa’alaikumussalam

    Atas wazan af’ala yuf’ilu akhi. Akan tetapi karena di antara huruf tersebut (dari kata araada – yuriidu) ada huruf i’lal maka jadi seperti itu. Pembahasan tentang i’lal insyaAllah juga akan masuk pembahasan pada blog ini, semoga dimudahkan dalam pelaksanaannya…

  9. apa lam nafiyah liljinsi itu hanya masuk ke isim saja? kl jumlah ini bagaimana membacanya dan apa kedudukannya?
    “laa nakhoofu illa Allohu”
    apa ini benar? mohon penjelasannya

  10. Assalamu’alaikum.Wr.Wb
    terima kasih saya sudah diberi kesempatan download pelajaran nahwu & shorf,
    insya Alloh, akan saya ajarkan kepada para tholib dan saya sendiri dimadrosah kami.

    boleh nanya, jika nanti ada yang belum difahami ?

    syukron katsiro
    wassalamu’alaikum.Wr.Wb

  11. Semoga Allah memberkahi kebaikan-kebaikan yang antum usahakan dalam mauqi’ antum, dan semoga Allah memperbaiki kekurangan dan kesalahan di dalamnya.
    Jazaakallaahukhoiron.

  12. Bantu saya belajar nahwu dan Shorof….!!!!!!!!

  13. ustadz,

    مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِيْ الدِّيْن

    Kasroh pada yuridi kan bukan karena adanya huruf ‘illat to ustadz. tapi karena ada man, terus bersambung dg alif dan lam… Afwan klo ana salah..

  14. #suparman hs
    na’am akh, aslinya huruf nun pada kata yurid di sukun, karena terkena alat penjazm man, akan tetapi karena setelah sukun tersebut bertemu dengan huruf sukun lain setelahnya jadi sulit untuk dibaca, sehingga dijadikanlah kasrah pada huruf nun untuk memudahkan membaca.

  15. Di artikel tertulis sbb:

    تُؤْمَرُ فَاطِمَةُ إِلَى السُّوْقِ

    “…karena fi’il yang digunakan adalah fi’il madhi majhul (kata kerja pasif).”

    Koreksi: bukankah itu seharunys fi’il mudhori’ majhul?

  16. #Dody
    Na’am akhi, syukron jazilan, ada kesalahan ketik dari tulisannya.

  17. tolong pngrtian2x tntng tarkip2x di kupas smpe akar2x sukron jazilan aiwah yg artx ok

  18. makzudnya,,,,,,

  19. saya ingin belajar bahasa arob dg bersungguh sungguh
    semoga lancar dan bermanfaat bagi kami ameen.

  20. السلام عليكم يا استاذ
    Alhamdulillah ana dah bnyk dpt manfaat di blog ini. Ana ada sedikit musykilah ini ustadz, kata وعيد dlm surah Qaf ayat 14 dan 45 jg surah Ibrahim ayat 14 itukan Isim ya Ustadz, tp kok posisinya tidak Nakirah jg tidak Ma’rifah tp jg tidak Mudhof, perkiraan ana itu Mudhof dgn Dhomir Mutakallim ي tp ي-nya dihilangkan krn di tafsirnya mempunyai arti “ancaman-Ku”. Klo perkiraan ana bnr, amal/amil apa yg menyebabkan kt yg harusnya وعيدي menjadi menjadi وعيد, afwan klo ada slh kata Ustadz.
    جزاكم الله خيرا

  21. ustadz………..
    gimana cara supaya bisa berbicara bahasa arab yang baik??????
    susah x rsa’a tadz….

  22. barakallohufiik.kata fathimah kan termasuk isim ghoiru munshorrif yg tdk blh ditanwin?

  23. @Muhammad Iqbal
    wa’alaikumussalam
    Na’am akhi, untuk balaghah dalam al-Qur’an memang banyak yang seperti itu, huruf terakhirnya dihilangkan untuk menyamakan dengan pola sebelumnya. seperti juga dalam surat adz dzariyat wa ma kholaqtul jinna… illa liya’budun, maka ada ya yang dihilangkan, untuk menyesuaikan dengan pola kalimat sebelumnya.

  24. @iwan
    Iya akh benar, tapi Kalimat fathimah yang di tanwin di atas maksudnya bukan nama fathimah akan tetapi isim fathimah.

  25. assalamualaikum…alhamdulillah…syukran atas atas usaha menubuhkan situs ini…minta ustaz memperbanyakkan lagi latihan2 Bahasa Arab ini supaya kami mendapat manfaat darinya…kami ini dari Malaysia sangat kekurangan situs2 seperti ini,walaupun ada tetapi amat sedikit…harap dapat berkongsi lebih banyak info dengan kami kaum muslimin di Malaysia…~

  26. Assalamu’alaikum w.w.
    Ustadz, ana lagi pintar2an mengi’rab ama Abi, sementara ana belum menguasai betul tapi semangat ana belajar i’rab sangat tinggi, ana mohon ustadz mengi’rabkan surah al-fatihah utk ana. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum w.w.
    Diyan Rasyieqa Khaeruddin

  27. ass.wr.wb.salam kenal.Ana Abu Faishal.Ana sdh tamat 2kali mmbca dan mmahami kajian nahwu d Badar online.ana skrng lgi belajar irob.tapi terkadang mnemukan kesulitan.Hendak nyari guru tdk mungkin ana tinggal di Korea mohon dicarikan solusinya

  28. assalamu’alaikum wr wb

    syukron ustadz

  29. @hermawan
    wa’alaikumussalam warahamtullahi wabaraktuh
    oya akh, ‘afwan

  30. @ Mohamad Zairul

    Alhamdulillah dekat Tronoh (Perak) beberapa kawan muslimin daripada Universiti Teknologi Petronas ada buat class bahasa arab (nahwu dan sorof). Sebarang info tentang bahasa Arab boleh kami kongsikan kepada sesiapa sahaja yang memerlukannya.

  31. ustadz, klo diliht dari usia sy sbnarnya dah uzur, tpi sy msih smangat jga blajar bhs arab dn mengi’rab trmask yg lagi sy plajari. apakah ustadz bisa kirim surah al-fatihan dengan i’rabnya ke email sy utk bahan dakwah sy. atas bantuannya diucapkan terima kasih.

  32. @khaeruddin dzullah
    ma’af pak, coba cari kitab namanya : i’roobul qur`aan, atau dimaktabah syaamilah juga in syaa Allaah ada.
    baarokallaahu fiik.
    tetap semangat.

  33. subahanallah saya jadi iri,, pintar benar…
    saya pingin banget tahu meng i’rab, kiranya suatu saat jika saya berlajar disini, sudi kiranya membantu saya. karena tidak tahu meng i’rab saya pernah mengalami kegagalan.
    syukran sebelumnya.

  34. subahanallah,
    saya pingin banget tahu mengi’rab, saya harap suatu saat saya boleh belajar disini, dan harap bantuan ilmunya.
    saya pernah mengalami kekecewaan yang cukup menyedihkan karena tidak tahu meng i’rab.

  35. @hotmasari sari

    insyaallah dengan belajar dan terus istiqomah akan bisa ^

  36. @Hotmasari

    insyaallah dengan terus belajar, istiqomah nanti akan bisa juga :)

    afwan